Buat Belajar - Knowledge

Pentingnya Bahasa Arab di Indonesia

Di zaman globalisasi ini, bahasa asing sangatlah penting. Terutama Bahasa Inggris yang disebut sebagai bahasa internasional. Bahkan diakui menjadi bahasa kedua di beberapa negara di bumi ini. Begitu pula halnya di Indonesia. Sekarang, mulai duduk di bangku TK kita sudah diperkenalkan  dengan pelajaran Bahasa Inggris. Berlanjut ke SD, SLTP, kuliah S1, S2 sampai S3 sekalipun, kita terus dihadapkan dengan Bahasa Inggris. Dan tak sedikit sekolah di Indonesia yang bahasa pengantarnya Bahasa Inggris.

Tidak hanya sampai situ. Ketika memasuki dunia kerja, banyak perusahaan yang mewajibkan pelamarnya mempunyai keahlian berbahasa asing, baik aktif maupun pasif. Sama halnya ketika akan mendaftar Pegawai Negri Sipil pun tak luput dari tes Bahasa Inggris. Jika kita melihat para petinggi kita yang harus berdiplomasi dengan petinggi bangsa lain, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Bahkan tingkat PBB sekalipun sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Jika kita lihat, betapa pentingnya Bahasa Inggris?

Selain itu, sebagai umat muslim yang kebanyakan berbahasa ibu Bahasa Indonesia, kita juga dianjurkan untuk mempelajari Bahasa Arab. Syeikh al-Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata; “Bahasa Arab itu termasuk bagian dari Agama. Sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami al-Qur’an dan al-Sunah itu wajib. Tidak seorang pun bisa memahami keduanya, kecuali dengan Bahasa Arab. Dan tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengan mempelajari Bahasa Arab”.

Dari situ dapat kita lihat betapa istimewanya Bahasa Arab bukan?

Sebenarnya apa keistimewaan bahasa Arab? Keistimewaan bahasa Arab lama diperakui dan di dibuktikan oleh pakar-pakar ilmu bahasa, pengkaji bahasa dan perkamusan. Bahasa Arab mempunyai kecantikan yang tersendiri dengan susunan irama, urutan kata dan irama kata yang cukup menyentuh jiwa para pendengarnya.Hal ini dapat kita lihat melalui penggunaan ilmu tajwid seperti yang wajib digunakan dalam membaca al-Quran.

Bukanlah suatu kebetulan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, tapi justru karena kekayaan dan kesaksamaannya. Sulit dibayangkan, kalau suatu wahyu yang diturunkan kepada Sang Rasul terakhir diturunkan dalam lingkungan masyarakat yang bahasanya tidak memadai untuk merekam wahyu yang mencakup perbendaharaan kata tentang iman, hukum, kemasyarakatan, sejarah, politik, dan lain-lain. Kata-kata wahyu seyogyanya saksama tepat, tidak boleh ditukar, baik dalam ke-khasannya maupun dalam keumumannya. Dan bahasa Arab istimewa mengenai tepat, saksama, dan terbatasnya pengertian kata-kata tertentu, hingga tidak dapat diartikan atau ditafsirkan dengan yang lain.

Jadi, seberapa penting Bahasa Arab itu?

Di lihat dari jumlah penduduk negara Indonesia yang mayoritas dipenuhi oleh kaum muslim, sudah jelas betapa pentingnya bagi kita untuk memahami Bahasa arab. Selain dapat memahami kitab-kitab, merenungi tiap sholat serta doa yang kita panjatkan dan dapat berinteraksi dengan para pemuka islam, kita juga dapat memahami betapa terdapat begitu banyak rahasia Allah didalam firmanNya yang terkandung dan terselip di ayat-ayat al-quran tersebut. Subhanallah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s