Buat Belajar - Knowledge

Pohon (Giant) Sequoia

Pernah kalian dengar pohon dengan nama sequoia?

Pohon yang begitu tinggi menjulang dan hanya tumbuh dilereng barat sierra nevada, yang terdapat pada pegunungan yang membentang 400 mil melalui nevada dan california. Tinggi sequoia bisa mencapai 247 kaki – setinggi bangunan 20 lantai dan bisa jadi akan tumbuh besar dan tinggi seterusnya. Batangnya berwarna merah berkarat,  menebal dengan lapisan dalam kulit berkerut  dan 27 meter dengan diameter di dasar. Pohon ini begitu besar, kalau kalian menemukannya 100 % saya yakin kalian hampir tidak dapat melihat semuanya. Sequoia ini benar-benar tinggi dan besar, jadi sudah sepantasnya pohon ini di juluki giant trees. *woow*

Pohon sequoia yang paling terkenal diberi nama “the presiden”  yang berusia 3200 tahun dan  merupakan pohon terbesar kedua di dunia. Yang pertama dipegang oleh pohon sequoia raksasa yang terletak di giant forest of sequoia national park di tulare county, california, the general sherman. Dengan ketinggian 83,8 meter (275 kaki), diameter 7,7 meter (25 kaki), dengan sebuah batang yang diperkirakan memiliki volume 1.487 meter kubik (52.513 kaki kubik), dan diperkirakan berusia 2.300 – 2.700 tahun. *sekali lagi, woow*

Gambar
Perbandingan manusia dengan pohon sequoia

Seperti  yang terdapat dalam majalah National Geographic edisi Desember 2012, mereka mengutip tentang penelitian terbaru oleh ilmuwan Steve sillett dari Humboldt State University yang telah mengonfirmasi bahwa the presiden ini termasuk pohon peringkat nomor dua di antara semua pohon-pohon besar yang sudah pernah diukur. Walau the presiden tidak berdiri sebagai yang tertinggi dari pohon sequoia lain atau eucalyptus regnans di australia, namun tinggi bukanlah segalanya, yang jelas the presiden jauh lebih besar daripada pohon redwood pantai atau eucalyptus. The presiden memiliki hampir dua miliar daun. Batangnya terus melebar, sementara tungkai atas selalu tumbuh kuat bahkan ketika usia pohon bertambah. Steve sillett dan timnya membuktikan temuan ini tak terduga dengan memanjat pohon terbesar dan mengukur mereka lebih menyeluruh daripada yang pernah dilakukan sebelumnya.

Gambar

Pohon ini tumbuh tinggi dan lebar karena persaingan dengan pohon-pohon lainnya. Mereka berlomba ke atas dan keluar untuk mencapai sinar matahari serta air. Dan pohon tidak berhenti untuk semakin besar. Tidak seperti mamalia atau burung yang ukurannya dibatasi oleh gravitasi setelah mereka dewasa secara seksual. Walaupun sebenarnya pohon juga dibatasi oleh gravitasi, tapi cara mereka tidak sama seperti burung condor ataupun jerapah. Karena pohon tidak memerlukan pergerakan cepat, dan mereka membentengi strukturnya dengan terus menambah lebih banyak kayu.

Dengan memberinya sumber daya dari langit dan tanah serta dengan waktu yang cukup, pohon dapat menjadi besar dan kemudian terus berkembang . Giant sequoia  menjadi raksasa karena mereka sudah amat sangat teramat tua.

Sequoia dikepung kobaran api

Api “rim fire” terus mengamuk di wilayah taman nasional yosemite, california, amerika serikat, dan mengancam seluruh tanaman-tanaman unik dan langka yang berada di dalamnya. Salah satunya adalah pohon sequoia raksasa.

Selama sembilan hari kebakaran telah meratakan tanah seluas 134.000 hektare, peristiwa ini sekaligus menjadi salah satu kebakaran terbesar sepanjang sejarah kalifornia. Api sebagian besar menyala di bagian terpencil yosemite sebelah barat laut, sekitar 32 kilometer dari lembah yosemite.

Hingga saat ini memang api belum mencapai lokasi taman di mana dua pohon sequoia raksasa berada, namun petugas hutan telah bersiaga dengan menempatkan penyemprot air di sekitar pohon besar tersebut. Masing-masing pohon sequoia raksasa memiliki nama grove tuolumne dan merced grove.

“kedua pohon sequoia merupakan sumber daya yang berharga dan mendapat perhatian dari banyak masyarakat, dan mereka (grove tuolumne dan merced grove) memang sangat mengagumkan” ujar Stephen c. Sillett, seorang ahli lingkungan hidup spesialis pohon tinggi dari Humboldt State University.

Menurut Sillett, hal terberat justru memenuhi harapan masyarakat yang khawatir mengenai bagaimana buruknya keadaan wilayah yosemite saat mereka berkunjung kembali dan mendapatkan beberapa pohon telah mati. “Pohon-pohon besar akan baik-baik saja sementara pohon yang lebih kecil dan lemah akan mati, tetapi tidak begitu banyak karena mereka melindungi pohon-pohon lainnya”  tegas Sillett.

Menurut Sillett, pohon sequoia telah tumbuh sempurna dan mampu beradaptasi untuk bertahan bahkan saat kebakaran terpanas sekalipun. Sequoia merupakan jenis pohon berserat dengan kulit yang tahan api yang dapat tumbuh hingga tebalnya dua kaki. Meskipun kebakaran dapat merusak pohon besar tersebut, namun besarnya api sulit untuk mematikannya.

Sequoia raksasa ini adalah pohon yang terbesar di dunia berdasarkan volume pohon tunggal dengan rata-rata ketinggian mencapai 50 – 85 meter, berdiameter enam sampai delapan meter. Namun, sepanjang rekam jejak sequoia ada yang terindentifikasi memiliki tinggi hingga 94,8 meter dan berdiameter 17 meter. Sequoia tertua saat ini diperkirakan berusia 3.500 tahun. *ckckck*

Gambar
Nasib sequoia di kepung oleh kobaran api

Sementara di lain sisi, kebakaran justru mendatangkan manfaat tersendiri bagi pohon sequoia. Sillett menjelaskan bahwa panas api membuat kerucut (pucuk pohon) sequoia terbuka, api juga mengurangi persaingan dengan tanaman lain dan abu yang ditinggalkan oleh kebakaran dapat menjadi pupuk.

“Sebuah sequoia tunggal dapat menjadi tuan rumah lebih dari 100.000 kerucut,” kata Sillett. Kerucut berwarna hijau ketika hidup, berarti mereka melakukan fotosintesis, memproduksi beberapa gula yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan mereka sendiri. Setiap kerucut dapat hidup sepuluh sampai 20 tahun. Kerucut ini kemudian mati, membuka, dan kemudian menetaskan biji.

Ketika terjadi kebakaran, maka sebagian besar kerucut mati, menyebabkan mereka akan/untuk menjatuhkan benih mereka secara massal. Biasanya, dibutuhkan beberapa waktu untuk kerucut membuka.

Pada saat benih menyentuh dasar hutan, api telah pindah, dan bumi telah dingin. Bagi Sillett, apa yang terjadi pada taman sequoia di yosemite merupakan bagian dari gambaran keberhasilan spesies. Sequoia mampu beradaptasi dengan baik untuk bertahan hidup kebakaran. “Mereka adalah pohon yang luar biasa,” katanya saat itu.

Selain sequoia, ternyata masih ada pohon yang tinggi serta besarnya sejenis dengan the Presiden. Pohon tersebut ialah coast redwood yang sebelumnya sempat kita singgung.

Pohon tertinggi di dunia adalah coast redwood (Sequoia sempervirens) yang dijuluki Hyperion, nama seseorang dalam mitologi Yunani. Pohon ini tingginya kurang lebih 115,72 m (379,7 kaki) *oh my..* Pohon besar ini ditemukan baru pada bulan Agustus 2006 di bagian terpencil di Redwood National Park, California oleh seorang naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor. Pengukuran pertama mereka dilakukan dengan peralatan laser secara profesional berdasarkan ilmu ukur sudut.

Coast Redwood, merupakan salah satu dari tiga jenis pohon Sequoia, bersama-sama dengan giant sequoia (Sequoiadendron giganteum) dan dawn redwood (Metasequoia glyptostroboides). Coast redwood tumbuh di daerah pantai sepanjang Samudra Pasifik di barat dan barat laut Amerika Serikat (kebanyakan California).

Pada bulan September 2006 lalu, pohon itu diukur kembali oleh Steve Sillett. Kali ini dilakukan dengan cara yang paling akurat. Ia naik ke atas pohon untuk menjatuhkan/menjulurkan pita panjang dari puncak langsung ke tanah. Pengukuran ini difilmkan untuk National Geographic. Jika berniat, kalian bisa melihat videonya di youtube.

Pada bulan Juni dan Juli 2006 beberapa pohon tinggi lainnya ditemukan, yakni  “Helios” (nama dewa matahari Yunani), dengan tinggi 114,09 m- lalu “Lcarus” dengan tinggi 113.14 m- dan “Daedalus ” dengan tinggi 110.76 m.

Penemuan-penemuan pohon tinggi tahun 2006 ini memang luar biasa. Pohon-pohon tampak tumbuh di lereng dan bukan di tengah-tengah lembah di mana terdapat banyak air  dan di mana semua pesaing sebelumnya untuk “pohon hidup tertinggi di dunia”, tumbuh. Ini berarti jelas bahwa bukan tidak mungkin bahwa ada pohon yang lebih tinggi, karena lokasi mereka jarang dikunjungi orang.

Pada tahun 2007 Chris Atkins dan Michael Taylor sudah memindai sebagian besar lokasi-lokasi baru yang tak terduga. Mereka pikir sudah kecil kemungkinan ada pohon yang lebih tinggi dari Hyperion akan ditemukan, tapi wallahu’alam kita tidak pernah benar-benar tahu.

Hyperion ini adalah pohon yang cukup beruntung. Hanya beberapa ratus meter dari pohon ini adalah daerah terakhir dari lokasi penebangan hutan di tahun tujuh puluhan. Sekitar dua minggu sebelum Hyperion juga akan diserang oleh gergaji rantai, lembah ini dimasukkan ke daerah yang dilindungi oleh Redwood National Park selama pemerintahan Carter. Perusahaan penebangan yang tahu daerah ini akan dilindungi, bekerja 24 jam sehari tiap minggu di lembah-lembah yang luas dan terus melakukan penebangan hutan redwood yang telah ada di sana jauh sebelum manusia memasuki lembah-lembah tersebut.

Pada tahun tujuh puluhan, hanya 15% dari hutan redwood yang tersisa, saat ini hanya 4% yang masih ada dan bahkan hari ini, saat Anda membaca ini, hutan tua di California sedang ditebang.

Menurut standar redwood, Hyperion masih cukup muda dan masih terus berkembang dan tumbuh. Sillett berpikir pohon ini mungkin “baru” 600 tahun usianya, yaitu sekitar 20 tahun jika dia manusia.

Sampai Juli 2006, Sequoia sempervirens tertinggi yang dikenal adalah “Stratosphere Giant“. Tingginya adalah 112,83 m (10 kaki lebih rendah dari Hyperion, diukur pada tahun 2004, Steve Sillett) dan ditemukan pada bulan Agustus tahun 2000 (oleh Chris Atkins) di Humboldt Redwoods State Park, California, di mana banyak pohon raksasa tumbuh. Sangatlah sulit untuk melihat kemegahan dan tinggi pohon tersebut dari foto. Sungguh sangat tidak terbayang betapa takjubnya pohon raksasa itu.

Sama seperti halnya dengan raksasa lainnya, “Giant Federation” (112 m), lokasi tepat nya dirahasiakan oleh penjaga taman untuk menghindari serbuan wisatawan berkunjung ke pohon ini. Ini bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang rapuh dari hutan dan dapat membahayakan pohon secara langsung. Di masa lalu sudah ada pohon-pohon tinggi yang merana karena terlalu populer .

Untuk menunjukkan gambaran seberapa tinggi 115,72 m (379,7 kaki) itu kepada anda, bayangkanlah: tinggi Big Ben di London adalah 96,3 m (316 kaki), bahwa dari patung Liberty adalah 46,5 + 46,9 m (151 + 154 kaki), sehingga kedua konstruksi tinggi sebagian besar lebih rendah dari pohon-pohon ini.

Gambar

Coba kalian perhatikan bahwa meskipun pohon hidup yang tertinggi di dunia adalah redwood coast namun sebenarnya pohon hidup terbesar di planet ini adalah spesimen dari spesies terkait, yaitu Giant sequoia. Giant Sequoia terbesar yang bernama “General Sherman”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s