Buat Belajar - Knowledge

Tembok Raksasa (Cina)

Bangunan ini adalah salah satu impian terbesar ku yang sudah tertanam dalam diri ku sejak aku masih kelas TK. Bangunan yang begitu luar biasa ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban di dunia. Bangunan yang biasa disebut Tembok Cina atau Tembok Raksasa ini juga dikenal di cina dengan nama Tembok Panjang 10.000 Li.
Tembok Cina ini dibangun dalam jangka waktu ratusan tahun di berbagai dinasti. Menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, Tembok ini telah di bangun sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pada zaman antar negara berperang. Jadi, Kaisar Qin Shi hanya meneruskan pembangunan dan pengokohan Tembok itu saja.
Pembangunan Tembok Cina ini telah melibatkan banyak pekerja. Untuk 10 tahun pertama saja dilibatkan 300.000 tentara. Jumlah ini pun belum ditambah lagi dengan para pekerja khusus dan para narapidana yang juga dipekerjakan. Selama proses pembangunan Tembok Cina berlangsung ternyata banyak juga pekerja yang meninggal. Dan menurut beberapa peneliti, para pekerja yang telah meninggal ketika sedang membangun tembok tersebut dikuburkan di sekitar tembok. *uuh..serem yaa?(ñ_ñ)*

Tembok Cina dilengkapi dengan menara-menara pengintai untuk para tentara. Dari sinilah mereka bisa melihat pergerakan musuh. Menara-menara tersebut memiliki banyak lorong. Lorong-lorong ini sengaja dibuat untuk membingungkan para penyerang. Selain itu, Tembok Cina juga memiliki barak-barak khusus untuk menempatkan pasukan yang siap menghalau musuh. Hanya saja amat disayangkan, lorong-lorong tersebut kini sudah dipenuhi oleh semak belukar. Bukan hanya lorong saja, bahkan tembok yang panjangnya hingga 6.350 km ini pun sudah banyak yang runtuh. Kerusakan ini diakibatkan karena pembangunan infrastruktur yang serampangan, pencurian artefak batu inkripsi dan bagian-bagian tembok, dan perbaikan yang dilakukan secara sembarangan. Dari laporan konservasi pada awal tahun 2004 mengatakan bahwa hanya 1/3 dari 6.350 km tembok yang sekarang masih terpelihara. Sayang sekali bukan? padahal aku belum berkunjung ke sana 😥 hiks.images (1)

Hey kalian tau? Ada yang mengatakan bahwa Tembok Cina adalah satu-satunya bangunan yang dapat dilihat dari bulan dengan mata telanjang. Namun sejumlah ekspedisi ruang angkasa mengungkapkan bahwa hal itu tidak tepat. Sebab dari orbit bumi terendah (160-350 mil) banyak sekali bangunan yang bisa dilihat dari bulan, seperti bandara, pelabuhan laut dan jembatan. Namun dari bulan yang  jaraknya sekitar 237.000  mil, tak ada satu pun bangunan yang bisa dilihat dengan mata telanjang. *jadi gimana dong?*

Fungsi Tembok ini apa yaa??

Berbagai teori mengatakan Tembok Cina ini didirikan untuk menjadi benteng pertahanan, batas kepemilikan lahan, penanda perbatasan, dan jalur komunikasi untuk menyampaikan pesan. Bahkan dalam penemuan prasasti Tembok Besar di Shaanxi yang berangka tahun 1589  (Pemerintahan kaisar Jiajing) disebutkan Tembok Cina didirikan untuk mencegah penebangan hutan. Dan dalam sejarah arsitektur Bangsa Cina, Tembok ini berfungsi untuk membatasi wilayah-wilayah perkotaan dan perumahan.

Penemuan Baru

Pada tahun 2009, Badan survei dan pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat Cina melakukan penelitian ulang untuk mengukur ulang panjang Tembok cina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tembok Cina ternyata lebih panjang dari rentang  yang saat ini diketahui. Menurut pengukuran, panjang keseluruhan Tembok Cina mencapai 8.850 km. Proyek tersebut juga telah menemukan bagian-bagian tembok lain yang panjangnya 359 km, lalu parit sepanjang 2.232 km, serta pembatas alami seperti perbukitan dan sungai yang panjangnya pun sampai 2.232 km pula. Rentang rata-rata Tembok Cina adalah 5.000 km, umumnya dikutip dari berbagai sejarah.

Wuuiiihh..panjang banget yaa?
Wuuiiihh..panjang banget yaa?

Pengeeeeeennn banget bisa berkunjung kesana…

Referensi: Buku Ensiklopedi dan http://forum.viva.co.id

 

Advertisements

2 thoughts on “Tembok Raksasa (Cina)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s